Friday, November 16, 2012

PELATIHAN MEMBUAT TEMPE | TRAINER KULINER TEMPE


I. LATAR BELAKANG

       Tempe adalah makanan khas masyarakat Indonesia, dan sudah dikenal semenjak jaman dulu atau jawa kuno. Kebutuhan akan makanan pokok yang bergizi tinggi namun dengan harga terjangkau untuk masyarakat pada umumnya merupakan menu wajib bagi setiap keluarga. Tempe kedelai menjadi pilihan utama sebagai menu yang setiap hari harus ada. Bahkan sekarang menu tempe bukan hanya dinikmati oleh kalangan menengah kebawah tapi sudah menjadi menu makanan yang juga diminati kalangan elite. Tempe kedelai sekarang ini tidak hanya didominasi oleh orang jawa sebagai menu makanan tetapi sudah merakyat dan mendunia menjadi makanan khas indonesia. Tempe merupakan makanan dari hasil fermentasi antara kedelai dengan jamur  Rhizopus Oligosporus. Selain harga tempe yang murah, sepotong tempe mengandung berbagai unsur bermanfaat, seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, enzim, daidzein, genisten serta memiliki kandungan gizi yang tinggi seperti kadar vitamin B2, vitamin B12, niasin, dan asam pantorenat.
       Tantangan terbesar atau persaingan para pengusaha kuliner adalah pada aspek konsisten dan kejelian dalam mempertahankan produknya secara inovatif untuk kepuasan dan antusias konsumen untuk produk yang di pasarkan. Sering kali beberapa saat ini setelah mengikuti pelatihan (Traning), antusiasme untuk memberikan layanan kepada pelanggan masih tinggi. Namun seiring berjalannya waktu, tingkat mutu layanan, tingkat mutu produk mereka berikan kembali menurun.

II. PROFILE USAHA
       Home Industri "LESTARI TEMPE" yang terletak di Jalan Pramuka Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, yang memproduksi berbagai tempe dari tempe mendoan kecil sampai yang jumbo, tempe iris atau tempe potong yang tebal bungkus plastik, tempe srapah (yang dikenal tempe asin), tempe segitiga, kripik tempe dan masih banyak lagi produksi aneka tempe dan jajanan khas purwokerto seperti : Jenang Jaket, Kripik tempe, aneka krupuk khas purwokerto. "LESTARI TEMPE" bediri pada tahun 1980 yang merupakan usaha turun temurun dari keluarga besar Bpk.Toto Raharjo dan Ibu Sutari. Dalam perjalanan mengalami pengembangan dan penggabungan metode pembuatan sehingga menjadi tempe kedelai dengan kualitas tinggi. Hal ini tentunya menjadi keunggulan kami karena metode ini berasal dari Pekalongan (dari Bpk.Toto Raharjo) serta metode atau cara utama kami dari Purwokerto (Ibu Sutari). Sampai saat ini konsumen tetap yang menjadi langganan dari kalangan rumah makan, restoran, katering, dan instansi-instansi serta pusat oleh-oleh khas Purwokerto. 
       Pelatihan (Traning) LESTARI TEMPE ini kami menerapkan beberapa metode pengukuran dan pembuatan Tempe Mendoan dan untuk menjadikan pengusaha Tempe yang profesional.

III. METODE PELATIHAN
         Dikarenakan proses pembuatan tempe yang rumit dan butuh ketelatenan maka metode yang kita pakai harus langsung praktek dan pendampingan sampai jadi serta bisa dinikmati. Dalam pembuatan tempe kedele ini ada beberapa cara, sebagai berikut : 
a). Menggunkan takaran/ukuran pasti namun ada juga yang membutuhkan feeling dari si pembuat tentunya didukung dengan faktor (cuaca dan air). 
b). Strategi pembuatan tempe agar awet dan tidak gampang rusak. 
c). Pendampingan dan kontroler secara berkala.

IV. TUJUAN
           Setelah mengikuti Traning Pembuatan Tempe dari kami “LESTARI TEMPE”. Calon pengusaha tempe mampu : 
1. Memahami konsep-konsep pelatihan pembuatan tempe yang luas yang sudah terbukti keberhasilan di banyak pengusaha di tanah air. 
2. Menguasai teknik, aplikasi, monitoring dan review dalam mengelola tempe.
3. Dan mengembangkan demi memperkenalkan tempe di Indonesia maupun manca negara.

V. BIAYA PELATIHAN
      Dalam kemitraan kami menawarkan kerja sama untuk menularkan ilmu dan tujuan untuk mengembangkan khusunya Tempe di Indonesia maupun Seluruh Negara.
Dalam kerja sama ini kami akan mengajarkan berbagai macam pelatihan pembuatan aneka tempe kepada anda, untuk menjadikan anda menjadi pebisnis tempe dan membuat tempe sendiri. Modal yang dikeluarkan bukan harga besar, sebesar ilmu yang di dapat. Biaya disini belum dengan alat-alat dan sarana prasarana.
Jadi hanya : Rp. 30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah)

VI. TAHAPAN PELATIHAN
            Dalam pelatihan tempe ini kami menerapkan beberapa tahapan untuk menuju pembuatan tempe yang bagus dan maksimal, diantaranya :
Tahap I, Survei lokasi (tempat pembuatan, supply air, pembuangan air, dan cuaca)  
Tahap II, Pengenalan dan pemilihan bahan pokok pembuatan tempe kedele 
Tahap III, Praktek pembuatan tempe kedelai 
Tahap IV, Konsultasi dan pengawasan produk tempe kedelai Dengan rencana kegiatan ±2 minggu efektif kerja.   

VII. PENUTUP
             Demikian uraian “PROPOSAL PELATIHAN PEMBUATAN TEMPE KEDELAI “ untuk menjadi pertimbangan dan gambaran umum rencana kegiatan untuk info lebih lanjut hubungi :Bpk.Danu Tri Sukma,S.Pd.I

085 713 551 571 (Indosat)
081 391 619 519 (Simpati)
(0281) 627392    (Office)

DAN ADANYA TANYA JAWAB. BISA DIKIRIMKAN PERTANYAAN SOAL PELATIHAN INI KE EMAIL : danutrisukma26@gmail.com | danu_tris@yahoo.com

1 comment: